06 November 2013

Penyebab Mozilla Firefox Sering Crash dan Solusinya

Jocker ID - Masih berbicara tentang Mozilla Firefox dan perawatannya. Dan bagaimana, apa yang terjadi jika Mozilla Firefox anda jarang dilakukan perawatan? Sangat mudah dipastikan bahwa browser kesayangan anda ini akan mudah Crash alias ngelag, atau hang. Banyak faktor yang mempengaruhi masalah ini, tapi jangan khawatir karena saya akan memberikan tips sehat untuk browser yang satu ini supaya tak mengalami stres atau crash. Contoh gambar bila Mozilla Firefox anda mengalami crash adalah memunculkan dialog seperti di bawah ini.
Mozilla Firefox Crash
Image: Mozilla Forum
Langsung saja, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan kenapa Mozilla Firefox anda sering mengalami crash serta solusinya. (sebagai catatan, ini berbicara bila dalam keadaan koneksi internet yang normal/lancar)

1. Cache dan History. Cache memang sangat berguna untuk mempercepat loading situs yang sering kita lihat, tapi akan berdampak buruk bila cache dan history yang ada pada Mozilla Firefox melebihi kapasitas yang ditentukan. Terkadang orang malas untuk menghapusnya padahal itu sangatlah mudah. Hapuslah semua riwayat dan cache browser anda untuk menghindari terjadinya crash, biasakan satu bulan sekali atau satu minggu sekali itu lebih baik.

2. Out to Date. Out to date kebalikan dari Up to date adalah dalam bahasa sederhananya berarti kadaluarsa, ini terjadi pada beberapa plugin dan aplikasi pada komputer anda seiring berjalannya waktu. Biasanya terjadi pada aplikasi Java dan Adobe Flash, bila anda ingin melakukan update plugin silakan baca artikel saya tentang Cara Update Plugin Mozilla Firefox yang kemarin. Dengan melakukan update aplikasi dan plugin ini akan membantu kinerja mozilla menjadi lebih baik.

3. Trial Version. Aplikasi yang berlabel trial atau belum full version memang menjadi masalah serius bagi alat surfing/browser. Kenapa demikian? Karena seperti yang diketahui bahwa aplikasi yang berlabel trial ini akan selalu terhubung dengan server developernya melalui jaringan internet, secara tidak langsung akan membagi kemampuan koneksi internet dengan Firefox yang anda gunakan. Jadi tak bisa dihindarkan lagi bila Mozilla Firefox anda akan mengalami crash. Solusi yang paling tepat untuk masalah ini adalah mengubah aplikasi yang trial itu menjadi full version (saya tak menganjurkan anda untuk melakukan crack atau patch, silakan baca di sini penyebabnya). Atau anda bisa menghapus aplikasi tersebut bila memang tak terlalu dibutuhkan.

4. Virus. Bila 3 poin di atas tak ada hubungannya dengan perangkat anda, bisa saja komputer anda sedang sakit terjangkit virus. Coba lakukan reset pada browser anda, silakan baca artikel saya tentang Cara Melakukan Reset Mozilla Firefox. Bila setelah melakukan reset browser masih mengalami ketidak wajaran, lakukan scanning pada komputer atau laptop anda menggunakan antivirus seperti avira, avg atau avast (jangan menggunakan produk lokal jika ingin maksimal).

5. New version. Crash bisa terjadi juga bila model browser anda sudah ketinggalan zaman. Seringlah melakukan update versi yang terbaru untuk browser mozilla, karena dengan melakukan update yang kontinyu saya jamin Firefox anda takkan mengalami crash yang mengganggu kegiatan anda.

Itulah 5 poin tentang penyebab dan solusi bila Mozilla Firefox Mengalami Crash. Semoga bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Mozilla Firefox Sering Crash dan Solusinya